Minggu, 19 Desember 2010

Mengorganisasikan Perusahaan

Mengorganisasikan Perusahaan

Fungsi mengorganisasikan merupakan fungsi kedua dari manajemen. Kegiatan mengorganisasikan suatu perusahaan atau badan lain meliputi dua jenis kegiatan yaitu :

1. Menentukan struktur organisasi perusahaan struktur organisasi perusahaan sesuai dengan tujuan yang ingin di capai dan sesuai dengan sumber-sumber daya yang ada

2. Menentukan wewenang,tugas, dan tanggungjawab setiap orang yang bekerja diperusahaan

Langkah-langkah untuk mengorganisasi :

1. Perencanaan Organisasi

2. Penentuan Organisasi

3. Menentuan Pegawai

4. Evaluasi

Perubahan struktur organisasi dan masalahnya

Mengubah struktur organisasi

Perubahan struktur organisasi dapat terjadi dikarenakan kebutuhan konsumen yang berubah, perubahan latar belakang pendidikan para pekerja, dan terjadinya perubahan-perubahan teknologi. Inilah factor-faktor yang dapat membuat sebuah struktur organisasi berubah. Perusahaan perlu melakukan proses penyesuaian dalam menampung persoalan –persoalan tersebut.

Strategi dan struktur organisasi

Struktur orgaisasi merupakan sarana yang dapat menolong para manajer untuk mencapai sasaran mereka. Langkah pertama dalam membuat sruktur organisasi harus mengacu pada rencana dan tujuan organisasi. Jika para manajer bersepakat untuk mengubah strategi organisasi, maka mereka harus memodifikasi struktur organisasi untuk menampung dan mendukung perubahan tersebut.

Teknologi dan struktur organisasi

Setiap organisasi pasti menggunakan satu bentuk teknologi untuk mengubah bahan baku menjadi produk. Dari studi-studi hubungan teknologi dan struktur organisasi, umumnya berbagai studi memperlihatkan bahwa struktur organisasi akan menyesuaikan diri dengan teknologi yang mereka miiliki. Pada umumnya, semakin rutin teknologi tersebut, struktur organisasi dapat lebih dibakukan. Jika menggunakan teknologi yang selalu berubah dalam kurun waktu tertentu, hal ini akan berimplikasi pada struktur organisasi.

Ketidakpastian lingkungan dan struktur organisasi

Salahsatu cara mengatasi ketidakpastian lingkungan adalah melalui penyesuaian dalam struktur organisasi. Pengorganisasian dilaksanakan dengan kesadaran yang sama baik dalam lingkungan eksternal maupun internal suatu perusahaan.

Sumber dirangkum dari buku pengantar bisnis (edsi pertama) Sadono Sukirno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar